Bahaya Mencampur Susu dengan beberapa Buah dan Minuman




Siapa sich yang tidak suka menikmati kesegaran es buah , sup buah , atau jus ? Kebiasaan masyarakat lndonesia ketika mengonsumsi es buah atau jus adalah mencampurkan susu kental manis ke dalamnya . Memang sich , rasanya menjadi lebih nikmat dan guri . Namun sayangnya kebiasaan mencampur buah dan susu tersebut bukannya memberi manfaat justru bisa membahayakan tubuh . Hem , bagaimana bisa ? Bukannya buah dan susu termasuk makanan yang kaya akan nutrisi ?


Ternyata buah _ buahan banyak memiliki kandungan asam , sedangkan susu sangat kaya akan protein sehingga jika dikombinasikan justru kurang baik , karena asam akan mengikat protein sehingga membuatnya sulit di cerna oleh tubuh , bahkan bisa mengakibatkan fermentasi lambung . Beberapa buah _ buahan yang memiliki sifat asam , antara lain : nanas , strowbery , anggur , jeruk dan lain sebagainya .
Tapi bagaimana jika susu dicampurkan pada buah yang tidak mengandung asam , seperti alpukat ?


Mencampur buah alpukat dengan susu akan membuat rasanya semakin gurih dan nikmat .
Akan tetapi kombinasi keduanya juga tidak baik untuk tubuh , karena alpukat mengandung asam fotal tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan jantung , namun ketika Anda mencampurkan susu kental manis , maka justru mengantarkan Anda pada risiko penyakit diabetes . Kenapa demikian ? Karena susu kental manis memiliki kadar gula yang lebih mendominasi dibandingkan protein .


Selain buah _ buahan , ternyata susu juga berbahaya jika dicampur dengan beberapa minuman atau makanan berikut ini :

1. Susu dengan Gula 
Mencampur susu dengan gula dalam kondisi panas dapat berbahaya , karena susu mengandung leusin / asam amino yang apabila dicampurkan dengan gula dalam kondisi panas , maka akan bereaksi menjadi leusin fructosyl atau redikal fluktosa yang bersifat racun dan dapat merusak tubuh orang yang mengonsumsinya . Untuk menyiasatinya , masukkan gula setelah susu agak dingin .

2. Susu dengan Coklat 
Mencampur susu dengan coklat juga berbahaya bagi kesehatan , karena susu mengandung protein dan kalsium , sementara coklat mengandung asam oksalat yang apabila keduanya dipadukan , maka kalsium akan bersifat non larut sehingga mengganggu penyerapan kalsium .

3. Susu dan Teh 
Teh termasuk satu minuman herbal yang menyehatkan , namun menjadi kurang bermanfaat jika dicampur dengan susu . Karena demikian ? Ternyata susu mengandung protein casein yang apabila dipadukan dengan Teh justru dapat menurunkan kandungan pentingnya , seperti Catechin yang ampuh melawan penyakit jantung .


Meskipun susu memiliki segudang manfaat , namun jika cara mengonsumsinya salah tentu akan merugikan kesehatan.


Komentar